Kebumen, 11 Maret 2013

alun-alun kebumen5 Orang anggota Asosiasi Pedagang Kaki Lima yang dipimpin oleh Bapak Muhajir dan didampingi oleh team Formasi diterima di pendopo Kabupaten untuk Audiensi dengan Bupati Kebumen Bapak Buyar Winarso beserta team dari Kabupaten diantaranya adalah Sekda, Kepala Dinas UMKM, Kepala Dinas Desperindag Staf Ahli Bupati, keprotokolan dan lain-lain. Acara tersebut difasilitasi oleh Mustika Aji dengan maksud membuka dialog untuk memecahkan masalah bersama dengan musyawarah.

Beberapa permasalahan yang diutarakan oleh bapak Muhajir  antara lain :

1. Penyitaan 3 gerobak PKL oleh Satpol PP

2. Adanya Isyu bahwa PKL akan dipindahkan ke Pasar Tumenggungan

3. Penataan PKL alun-alun Kabupaten Kebumen dengan penyeragaman Baju dan tenda, penentuan waktu berjualan PKL.

4. Adanya Parkir liar yang meresahkan warga yang di koordinir oknum Dishub

Bupati Kebumen Buyar Winarso dengan tangkas menjawab bahwa soal penyitaan 3 gerobak itu diluar kendalinya dan akan segara di kembalikan, sedangkan permasalahan Isyu PKL akan dipindahkan ke Pasar Tumenggungan itu adalah bukan fakta dan memang tempat untuk relokasi ke Pasar Tumenggungan sangat terbatas dan tidak mungkin untuk merelokasikan pedagang PKL di Pasar Tumenggungan. Penataan PKL sebagai salah satu aset wisata dengan penyeragaman kostum dan tenda akan dianggarkan melalui APBD di Tahun 2014.  sedangkan parkir liar yang dikoordinir oknum Dishub akan kami tangani segera. Bupati Kebumen juga meminta agar PKL Kabupaten Kebumen dapat berjualan sampai malam sehingga alun-alun Kabupaten Kebumen dapat tetap hidup sampai malam dan melayani kebutuhan warga.

Fuad Habib berpendapat bahwa sebaiknya langkah penataan alun-alun Kabupaten Kebumen segera di implematasikan dalam perencanaan SKPD sebagai penerjemahan RPJMD dalam hal kerja teknis sehingga penataan alun-alun akan berkualitas.

Mustika aji mengatakan bahwa penataan PKL alun-alun Kabupaten Kebumen sebaiknya dilaksanakan secara partisipatif sehingga penataan ini dapat efektif. Untuk melaksanakan tugas tersebut dibentuklah Pokja yang di Koordinir oleh Staff ahli Bupati Juanidi dan Ahmad Juanidi dari team Formasi.

Semoga dengan proses ini PKL di alun-alun Kabupaten Kebumen semakin tertata higienis dan menjadi penyejuk ruang publik Kabupaten Kebumen karena Small is Beatifull.

RED