DSCF9911

Pandansari-Pemerintah desa Pandansari kecamatan Sruweng melakukan sosialisasi pembentukan Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDes) dan Sistem Informasi Desa (SID) di Balai Desa Pandansari pada hari Rabu 15 Mei 2013. Acara itu dihadir 57 peserta terdiri dari 36 peserta laki-laki dan 19 peserta perempuan dari semua unsur lapisan masyarakat termasuk unsur perempuan dan masyarakat miskin. Turut hadir dalam acara tersebut annggota DPRD Kabupaten Kebumen Ir. Sri Hari Susanti, MM dan Miftahul Ulum dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Camat Sruweng yang diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Yulia Agustin, Expert Program Formasi Mustika Aji dan Program Officer (PO) dengan judul program Percontohan Pembentukan Tim Koordinasi TKP2KDesa dan (SID) pada 10 Desa di Kebumen untuk Meningkatkan Partisipasi dan Transparansi Informasi Ahmad Djunaidi.
Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Desa Pandansari dengan Formasi didukung oleh Lembaga Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat (LP2M) dan Ford Foundation itu menghasilkan TKP2KDes yang berjumlah 7 orang dan operator SID yang berjumlah 2 orang yang dipilih secara partisipatif dalam forum tersebut, diantaranya adalah:

TKP2KDes Desa Pandansari

NO

NAMA

L/P

UNSUR

KEDUDUKAN

1

Wasikan

L

LKMD Ketua TKP2KDes

2

Munajat

L

Pemerintah Desa Koordinator Pokja Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

3

Suparti

P

Perempuan Koordinator Pokja Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

4

Eni Rahmawati

P

Tokoh Masyarakat Koordinator Pokja Pemberdayaan dan Perempuan Masyarakat Miskin

5

Ponijan

L

BPD Koordinator Pokja Pemberdayaan dan Perempuan Masyarakat Miskin

6

Lasim

L

RT Koordinator Pokja Pemberdayaan Ekonomi

7

Partini

P

PKK Anggota Pokja Pemberdayaan Ekonomi

SID Desa Pandansari

NO

NAMA

L/P

UNSUR

KEDUDUKAN

1

Sutriasih

P

Pemerintah Desa Operator SID

2

Supono

L

Pemerintah Desa Pembantu Operator SID

Sebagai salah satu desa dari 10 desa percontohan, kerjasama Pemerintah Desa Pandansari dan Formasi akan berlangsung sampai November 2014 sehingga akan dilakukan pendampingan yang intens oleh Formasi. Selain TKP2KDes dan SID merupakan hal baru bagi pemerintah desa dan masyarakata di kabupaten Kebumen, namun nantinya semua desa wajib membentuk TKP2KDes karena merupakan amanat dari Perda No 20 Tahun 2012 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Santi, panggilan akrab Ir. Sri Hari Susanti, MM menyatakan bahwa program ini sangat penting karena program-program penanggulangan kemiskinan akan bisa terkoordinasi dengan baik dan tepat sasaran. Selain itu Santi juga menyampaikan terima kasih kepada Formasi yang secara tidak langsung membantu Pemerintah Kabupaten dalam melaksanakan salah satu amanat Perda, “saya sangat mengapresiasi program ini karena secara tidak langsung membantu Pemerintah Kabupaten”, tuturnya. Sedangkan Camat Sruweng melalui Yulia Agustin juga mengharapkan bahwa hasil dari program ini bisa ditularkan kepada desa-desa yang lainnya, “Kecamatan sepenuhnya mendukung, dan karena hanya 10 desa percontohan di Kebumen saya rasa Pandansari sangat tepat untuk menjadi percontohan di Sruweng”.

Masyarakat desa Pandansari juga mengharapkan dengan adanya TKP2KDes sebagai satu-satunya wadah koordinasi program-program penanggulangan kemiskinan didukung dengan system pendataan yang baik dan tepat. Selain itu juga agar tidak ada gejolak ketika program-program penanggulangan kemiskinan diterpakan di desa. “semoga TKP2KDes dan SID ini bisa menanggulangi gejolak-gejolak di masyarakat dengan adanya bantuan-bantuan yang sudah diberikan selama ini”, tanggap Eni Rahawati.