DSCF9381Pejengkolan-Pemerintah desa Pejengkolan kecamatan Padureso melakukan sosialisasi pembentukan Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKP2KDes) dan Sistem Informasi Desa (SID) di Balai Desa Pejengkolan pada hari Kamis 02 Mei 2013. Acara itu dihadir sekitar 60 orang dari semua unsur lapisan masyarakat termasuk unsur perempuan dan masyarakat miskin. Turut hadir dalam acara tersebut Bapermades Kabupaten Kebumen yang diwaliki oleh Kusubid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Niken Suprobowati, Camat Padureso Suis Idawati, S.Sos, Kasi PM Kecamatan Padureso Dwi Astuti, Presidium Formasi H.Yusuf Murtiono dan Program Officer Formasi Ahmad Junaidi.
Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Desa Pejengkolan dengan Formasi didukung oleh Lembaga Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat (LP2M) dan Ford Foundation itu menghasilkan TKP2KDes dan SID yang dipilih secara partisipatif dalam forum tersebut, diantaranya adalah:

TKP2KDes Desa Pejengkolan

NO

NAMA

UNSUR

KEDUDUKAN

1

Sudarman

Tokoh Masyarakat

Ketua TKP2KDes

2

Boyiman

Pemerintah Desa

Koordinator Pokja Pemberdayaan dan Perempuan Masyarakat Miskin

3

Misnem

Perempuan

Anggota Pokja Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Miskin

4

Mariman

Tokoh Masyarakat

Koordinator Pokja Pemberdayaan Ekonomi

5

Sri Lestari

Perempuan

Anggota Pokja Pemberdayaan Ekonomi

6

Suryati

Perempuan

Koordinator Pokja Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

7

Setyaningsih

Perempuan

Anggota Pokja Perlindungan Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

SID Desa Pejengkolan

NO

NAMA

UNSUR

KEDUDUKAN

1

Turyanto

Pemerintah Desa

Operator SID

2

Pujirah

Pemerintah Desa

Pembantu Operator SID

Selain itu, Bapermades menekankan bahwa TKP2KDes merupakan amanat dari Perda Kabupaten Kebumen Nomor 20 Tahun 2012, “TKP2KDes itu amanat dari Perda, maka kita mempunyai kewajiban untuk melaksanakannya”, ujar Niken Suprobowati. Dalam kesempatan itu, Camat Padureso menyampaikan bahwa tata pemerintahan desa Pejengkolan selama ini sudah terbuka dan partisipatif. Hal senada juga disampaikan oleh Yusuf Murtiono bahwa desa Pejengkolan sudah memenuhi kriteria sebagai salah satu desa piloting program TKP2KDes dan SID, “Pejengkolan dipilih sebagai salah satu dari 10 desa piloting program TKP2KDes dan SID karena sudah memenuhi kriteria diantaranya adalah terbuka, partisipatif, mempunyai dokumen perencanaan dan penganggaran”, ujar Yusuf. selain itu desa Pejengkolan mempunyai Kepala Desa perempuan yang aktif, “sekarang sangat sulit mencari kepala desa perempuan yang bisa aktif”, tambah Yusuf.

Masyarakat sangat antusias dan menaruh harapan yang sangat besar terhadap TKP2KDes dan SID, karena permasalahan program kemiskinan selama ini adalah data yang digunakan antara program yang satu dengan yang lain berbeda sehingga masyarakat menjadi bingung, “semoga dengan adanya TKP2KDes dan SID masyarakat tahu apakah mereka masuk kategori miskin atau tidak sehingga tidak ribut lagi ketika ada bantuan-bantuan”, ujar Budiyanto yang juga sebagai tokoh masyarakat.