image_87_sedekah-bumi-kaliombo

Kalibeji, Sebagai wujud rasa syukur, warga kalibeji kecamatan Sempor menggelar tradisi sedekah bumi. Upacara sedekah bumi yang dilakukan warga Kalibeji tergolong unik, pasalnya warga melakukannya dengan cara membuat tumpeng dilanjutkan do’a bersama disepanjang jalan desa. Ratusan warga mulai anak-anak hingga orang dewasa juga turut dalam tradisi tersebut.

Sebelumnya warga juga memotong seekor kambing jantan yang menjadi syarat wajib pelaksaan upacara tradisi sedekah bumi. setelah do’a bersama yang dipimpin oleh tokoh masyarakat selesai, warga kemudian saling bertukar tumpeng yang dibawanya dan kemudian disantap bersama.

“Tradisi sedekah bumi seperti ini sebenarnya merupakan tradisi turun menurun dari nenek moyang sejak dulu yang hanya dilakukan dua kali dalam setahun. Sedangkan pelaksanaan sedekah bumi yang pertama biasa dilakukan warga pada bulan syuro dan yang kedua dibulan rajab seperti ini”. Kata Waluyo selaku Kepala Desa Kalibeji, sore seusai pelaksaan upacara sedekah bumi.

Menurut Waluyo, kegiatan sedekah bumi biasanya diadakan setelah musim panen dan musim tanam pertama selesai, tujuannya sendiri yakni sebagai wujud rasa syukur masyarakat desa Kalibeji atas rejeki yang diberikan Allah melalui bumi kepada warga. Selain itu juga untuk meminta keselamatan dari Allah, baik itu dari bencana alam maupun wabah penyakit.

Tradisi sedekah bumi yang dilakukan warga Desa Kalibeji sudah banyak mengalami perubahan, yakni menjadi lebih islami. Karena menurut sejarahnya upacara sedekah bumi jaman dulu masih kental dengan budaya kejawen, seperti membuat sesaji, menabur kembang setaman dilokasi yang dianggap keramat dan lain-lainnya. Pasalnya dulu warga Desa Kalibeji memang banyak sekali penganut kejawennya. Namun setelah banyak warga yang menganut agama islam, oleh para tokoh agama sedikit-demi sedikit upacara sedekah bumi diarahkan dengan cara-cara yang lebih islami.

“Tradisi ini sampai sekarang tetap kita pertahankan untuk dilakukan. Hal itu bertujuan untuk tetap melestarikan budaya dan tradisi leluhur. Tradisi sedekah bumi ini juga hampir dilakukan oleh setiap RT di Desa Kalibeji. (F1:KE)