14550492_1318425608169245_1196196895_o

Sekolah Desa dan Anggaran ( SADAR ) merupakan program dari Formasi, wujud pengabdian dari formasi untuk masyarakat khususnya yang berada di desa-desa. Pada tahun 2016 ini SADAR telah memberi kontribusi yang cukup signifikan, terbukti antusiasme masyarakat tentang perlunya ilmu, apalagi mereka yang berada didesa harus mengetahui seluk beluk tatanan, dan pengelolaan desa.

Pada saat ini SADAR memasuki angkatan ke 6, dan pada angkatan ke 6 ini Formasi mendapat respon yang positif tidak hanya dari masyarakat, bahkan Pemerintah pun meng-Amini kesusksesan SADAR, terbukti pada SADAR angkatan ke 6 ini, dibuka langsung oleh Prof. Ahmad Erani Yustika ( Dirjen PPMD ) bersama-sama dengan Pemkab Kebumen, Wakil Bupati, Kepala BAPPERMADES dan beberapa jajaran SKPD terkait,dan  Camat.

Sabtu 2 Oktober 2016 Pembukaan kelas baru untuk angkatan yang ke 6, Bintang Bawono Selaku Koordinator SADAR, mengatakan bahwa respon dari masyarakat sangatlah baik, untuk angkatan yang ke 6 ini hampir 100 orang yang mendaftar melalui media on line ataupun secara langsung, bahkan para pendaftar ini tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Kebumen saja, akan tetapi dari berbagai daerah, ada dari Kab. Situbondo, Kab. Jember, Solotigo, dan bahkan ada yang dari luar jawa, Maluku, Lampung, Sulawesi, Dll. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akhirnya dari Formasi menyediakan radio live streming, agar mereka yang berada di luar kebumen pun bisa mengikuti diskusi. Dihari pertama kegiatan SADAR diikuti lebih dari 20 orang, formasi sedikit kewalahan karena kendala tempat yang kurang memadai, dan kalau ada penambahan pendaftar lagi ada kemungkinan dibagi menjadi dua kelas, kelas pagi ( jam 09.00-12.00 ) dan kelas sore ( Jam 13.00-16.00 ), dan peserta yang hadir dimarkas formasi dari berbagai unsur diantaranya perangkat desa, pendamping lokal desa, BPD, masyarakat dan mahasiswa tegas bapak Bintang.

Pada pertemuan pertama peserta diberi lembaran Pre test, dimana isi soal-soal terkait dengan desa, antara lain :

  1. Apa yang dimaksud dengan Desa?
  2. Sejauh mana yang saudara ketahui tentang Penyelenggaraan pemerintahan di Desa dalam Pelayanan Publik ?
  3. Regulasi apa saja yang saudar ketahui terkait dengan Desa?
  4. Coba ceritakan secara singkat proses musyawarah pembangunan dimasing-masing wilayah desa saudara?
  5. Apa yang saudara ketahui tentang bentuk transparasi penyelenggaraan pemerintah Desa?

Soal-soal ini unuk mengetahui sejauh mana pemahaman para peserta tentang desa, dan sebagai perkenalan kepada peserta tentang materi-materi yang akan mereka pelajari nantinya.

Pertemuan kali ini Bapak Yusuf Murtiono sebagai dewan Presidium menerangkan tentang sejarah desa, dari sistem pemerintahannya, dan perkembangan dari waktu ke waktu.