jangan remehkan manusia yang terbuat dari lumpur karena didalamnya ada tumbuh-tumbuhan, hewan,air, udara dan api (jalaludin rumi)

FDSC08888ormasi dan Seknas Fitra yang didukung oleh Asian Foundation telah menyelenggarakan magang perencanaan dan penganggaran yang responsif gender dan pro poor.  Kegiatan ini diselenggarakan di Kabupaten Kebumen selama tiga minggu yakni 18 Februari sampai 9 Maret 2013 yang diikuti oleh 16 peserta dari Sumatra, Kalimantan, NTB dan Sulawesi yang merupakan simpul jaringan Seknas Fitra.

Proses magang yang diselenggarakan Formasi dan Seknas Fitra diantaranya adalah perencanaan dan penganggaran di tingkat desa,  Musrenbangcam dengan pagu indikatif, Mengamati langsung Forum SKPD, Tehnik Fasilitasi dan advokasi dan materi lainnya.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas kader-kader Seknas Fitra agar mampu menjadi agent of change di daerahnya untuk menyadarkan hak-hak rakyat di tingkat pemerintah daerah dengan cara penganggaran yang responsif gender dan pro poor yang berbasis partisipasi. Dengan perencanaan dan penganggaran yang dijiwai responsif gender dan pro poor diharapkan akan membangkitkan kembali agregasi sistem kehidupan yang akan membangkitkan daya ledak masyarakat untuk menyokong pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Para Kader ini diharapkan mampu menjembatani hak-hak Masyarakat sesuai karakter dan budaya daerah masing-masing kader. Hal ini dapat dilakukan dengan inovasi dan partisipasi untuk mendaur ulang sistem birokrasi yang hanya menempatkan manusia sebagai mur dan baut sistem kekuasaan dan sistem uang. Hal ini seperti mengubah air menjadi anggur butuh komitmen dan kerja keras dari para kader untuk menjadi pelopor. Seperti halnya laut merah tidak begitu saja membelah ketika Musa mengayunkan tongkat; laut merah membelah ketika ada satu orang Israel melangkahkan kakinya kedalam lautan.

Pasca pelaksanaan magang di Formasi peserta akan melanjutkan proses pembelajaran di Seknas Fitra untuk lebih memperdalam tekhnik analisa APBD dan APBN.

Selamat berjuang kawan jalan kalian adalah jalan setapak bercecabang.

by : Rodrigo

Nb: live Is Joy !!!!!