DSCF1294Kebumen-Untuk memperoleh gambaran mengenai model Perencanaan Penganggaran Responsife Gender (PPRG) yang selama ini telah dikembangkan di kabupaten Kebumen, maka Tim Pengarusutamaan Gender (PUG) Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen selama dua hari, 23 sampai 24 Juni 2013.

Rombongan terdiri dari Wakil Ketua DPRD kabupaten Maros As.Chaedir Syam, Asisten Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Eka Mustafa, MM, Kepala Bappeda Ir. Andi Dainuri, MM, Kabid Perencanaan Bappeda Ir. Makmur Haddade, M.Si, Utusan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Setda Hj. Rachmawaty, S.Sos, M.Pd, utusan Dinas Kesehatan Drg.Hj.Sri Purnamawati, M.Kes, utusan BKD-KB Dra. Marani A Gaffar, utusan Dinas Pendidikan Drs. Supriadi, SE, MM, LSM yang bergerak dalam perencanaan dan penganggaran, Pilar Nusantara (PINUS) Ismawati, Syamsuddin, Kartini Hamid, Muh. Idrus, Harianto Gatot, Marwa dan Alwi dan dari Sekolah Anggaran Rakyat (SAR) Rijal dan Nurhayati.

Rombongan yang berjumlah 18 orang (11 Laki-laki dan 7 Perempuan) itu mengawali kegiatannya selama dua hari di Kebumen dengan diskusi bersama Formasi di Hotel Benteng Van Der Wijck Gombong, minggu (23/13). Hari selanjutnya, senin (24/13) rombongan dari Maros diterima oleh Sekretaris Daerah Kebuman H. Adi Pandoyo, S.H, M.Si di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen. Hadir juga dalam acara itu Ketua Komisi C DPRD kabupaten Kebumen, Kepala BPPKB kabupaten Kebumen Dra. Retno Yuliastuti M.Si, Sekretaris Bappeda kabupaten Kebumen Drs. Sumadi.

Dalam sambutan tertulis Bupati Kebumen yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah kabupaten Kebumen mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim PUG kabupaten Maros. Selain itu Sekretaris Daerah kabupaten Kebumen juga mengucapkan terima kasih kepada Formasi yang telah mempromosikan dan memfasilitasi kegiatan kunjungan kerja ini sehingga Kebumen terpilih menjadi sasaran kunjungan kerja Tim PUG kabupaten Maros.

Asisten Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Maros, Drs. Eka Mustafa, MM menyampaikan harapan diadakannya kunjungan kerja ke kabupaten Kebumen yaitu bisa meniru dan memodifikasi sesuai dengan kondisi di kabupaten Maros, “Pembelajaran-pembelajaran yang didapat di Kebumen akan coba diterapkan di Maros, seperti kebijakan kuota kecamatan, perencanaan satu serta Analisis Responsif Gender (ARG) untuk Rencana Kerja Anggaran (RKA)”, sahutnya.

Direktur PINUS, Syamsuddin selaku koordinator kunjungan dari Maros menjelaskan, kabupaten Kebumen terpilih untuk kunjungan kerja Tim PUG kabupaten Maros karena Kebumen telah mengembangkan proses Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender. Selain itu PINUS Maros dan Formasi Kebumen sudah lama bermitra dalam program Perencanaan dan Penganggaran Daerah Responsif Gender dan Pro Poor (B3WP), kerjasama antara Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas Fitra) didukung pembiayaannya oleh The Asia Foundation (TAF) dan Canadian International Development Agency (CIDA), di mana Yusuf Murtiono (Presidium Formasi) sebagai Tim Asistensinya untuk wilayah Sulawesi.