Ilustrasi

Berawal dari kesamaan program dalam pendampingan Desa antara Forum Masyarakat Sipil  (Formasi) Kebumen dengan PLAN dalam hal ini wilayah Kabupaten Rembang, maka terjalin hubungan harmonis hingga berlanjut saling sharing pengalaman dan terbangunnya komunikasi secara kontinyu dalam berbagai permasalahan serta hal-hal mengenai mekanisme membangun Good Governance melalui perencanaan-penganggaran yang partisipatif, pro poor, responsive gender dan anak.

Bentuk implementasi salah satunya adanya kunjungan study belajar teman-teman PLAN Rembang ke Formasi dan dua Desa-Desa dampingan yaitu Pandansari Kecamatan Sruweng dan Logandu Kecamatan Kebumen serta diskusi dengan beberapa SKPD terkait, antara lain Bappeda, Bapermades, Dikpora, BPKB, dan Dinas Kesehatan.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan kunjungan dalam rangka belajar dan melihat secara dekat proses-proses penyusunan perencanaan pembangunan secara partisipatif mulai Desa – Kabupaten yang dapat bersinergi, sampai-sampai Kebumen mendapat penghargaan dari Sikompok sebagai juara nasional.

Out Put

Mengenai keluaran dari hasil kunjungan study belajar diharapkan terwujudnya beberapa hal :

  1. Bahan workshop dengan stake holder Rembang
  2. Terjalinnya kerja sama program dengan Formasi
  3. Tindak lanjut rencana kunjungan berikutnya di Kebumen
  4. Terjadinya perubahan Tata Kelola Pemerintahan Desa – Kabupaten Rembang kearah lebih baik
  5. Persamaan persepsi di semua pemangku kewajiban dan pelaku program pengentasan kemiskinan.

Alur Kunjungan

Hari Rabu, 29 Agustus 2012 rombongan berjumlah 6 Orang yang terdiri 1 Orang Kordinator, 1 Orang bagian financial, dan 4 Orang CTA  di damping tim Formasi mengawali kunjungan ke Desa Pandansari, acara dimulai Jam 09.30 – 12.30 Wib , kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Desa beserta jajarannya, Lembaga Desa, Pokja Perencanaan, Unsur Kecamatan, dan Konsultan Pemberdayaan PNPM – MP.

Kegiatan diawali dengan saling memperkenalkan diri yang dipandu Bintang Bawono dari Formasi, kemudian berlanjut penjelasan tentang maksud dan tujuan kunjungan oleh kordinator PLAN Rembang Bp. Ambar  lalu diteruskan paparan Kepala Desa Pandansari Bp. Surono, puncak acara diskusi dan Tanya jawab dari rombongan dengan pihak Pemerintahan Desa, Kecamatan, Pokja Perncanaan.

Hal yang sangat menarik dari kunjungan seperti penjelasan dari rombongan sangat tingginya kesadaran partisipasi masyarakat dan swadaya, yang didasari ketransparansi penyelenggaraan roda pemerintahan dengan bukti-bukti semua kegiatan terpampang di papan informasi dimana semua masyarakat bisa melihat atau mengetahui.

Selesai dari Pandansari tim rombongan PLAN Rembang langsung menuju ke Desa Logandu Kecamatan Karanggayam untuk melakukan hal yang sama dan ingin melakukan diskusi dengan komunitas anak mengenai sejauh mana mereka terlibat dalam proses kegiatan sampai pengambilan kebijakan Pemerintahan Desa.

Kamis, 30 Agustus 2012

Pagi Jam 10.00 – 12.30 Wib, tim PLAN Rembang melakukan diskusi dengan teman-teman Formasi, SKPD, disini tim mendapat penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan Formasi secara menyeluruh oleh Pimpinan Program Bp. Yusuf Murtiono, kemudian menerima masukan dari utusan SKPD mulai dari sistim perencanaan di Kebumen samapai bagaimana semua bisa bersinergi sehingga dapat berintegrasi baik program regular maupun non regular.

Siang harinya tim bertemu dengan unsure delegasi desa, FKMD untuk mendapat masukan dan pengalaman praktek pelaksanaan perencanaan pembangunan yang partisipatif sampai implementasinya, serta kiat-kiat merubah paradigma Masyarakat, Pemerintahan Desa hingga Pemangku Kewajiban Kabupaten sehingga terwujudnya kesadaran serta daya kritis masyarakat terhadap serangkaian proses kegiatan maupun pengambilan kebijakan.

Penulis

     Bintang Bawono

Kordinator Desa dan LC