DSCF1981Kebumen-Forum Masyarakat Sipil (Formasi) mengadakan Refleksi perjuangannya yang sudah mencapai satu dekade pada minggu (1/9) di Markas Formasi. Kegiatan itu mengundang lebih dari seratus undangan yang terdiri dari masyarakat dan pemerintahan baik di tingkat kabupaten maupun desa. Selain itu, kegiatan tersebut juga dijadikan momen untuk bersilaturrahmi dan halal bihalal antara anggota Formasi dengan pihak yang selama ini terlibat dalam perjuangan desa dan masyarakat miskin.

Refleksi diisi dengan sejarah perjalanan Formasi selama satu dekade, potret kebijakan anggaran daerah khususnya untuk anggaran untuk desa dan masyarakat serta selayang pandang dari pihak pemerintah kabupaten dan desa sebagai mitra perjuangan Formasi selama ini.

Dalam sambutannya, Presidium Formasi Yusuf Murtiono menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, yang mana tanpa adanya komitmen dan peran dari semua pihak, Formasi tidak bisa mencapai usia sepuluh tahun dan besar seperti pada saat ini. Fuad Habib Koordinator Advokasi Formasi juga menyampaikan permintaan maafnya jika Formasi dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat desa terutama masyarakat miskin kurang maksimal. Hal itu bisa terlihat dari pendapatan daerah Kabupaten Kebumen yang mengalami peningkatan yakni 782 M pada tahun 2007 menjadi 1,5 T pada tahun 2013, namun trend Alokasi Dana Desa (ADD) mengalami penurunan yaitu 33 M pada tahun 2007 menjadi 28 M pada tahun 2013.
Dalam kesempatan tersebut Kepala Bapermades Kabupaten Kebumen, Moh Amiruddin SIP juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten sangat terbantu dengan keberadaan Formasi yang selalu aktif mendampingi desa, dari penyusununan perencanaan sampai pertanggungjawaban sejak tahun 2004 setelah ditetapkannya Perda tentang ADD. Amiruddin juga berterima kasih kepada Formasi yang mana dalam perjuangannya Formasi tidak pernah “merusuhi” anggaran dari APBD. Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Subagyo S.Sos mengharapkan sinergitas antara Pemerintah, Swasta dan Masyarakat untuk membangun Kabupaten Kebumen yang lebih maju dengan mengutamakan prinsip-prinsip
Good Governance dari semua sektor.

Kegiatan yang mayoritas peserta adalah Kepala Desa tersebut juga dijadikan momen sharing antara Kepala Desa yang baru menjabat dan Kades yang sudah dua kali menjabat, termasuk sharing Kepala Desa Seling, Sutarjo yang memberikan pengalamannya ketika mengikuti kegiatan Menko Kesra di China beberapa bulan yang lalu.

Hasil kegiatan ini diharapkan ada kemauan yang keras khusunya kades-kades yang baru menjabat pertama kali agar meningkatkan kapasitasnya sebagai pimpinan ditingkat desa dalam program yang di motori oleh Formasi yaitu Sekolah Desa dan Aggaran (SADAR). Selain itu program SADAR juga terbuka bagi peserta umum/masyarakat dan perangkat desa yang ingin meningkatkan kapasitas tentang pengetahuan tentang desa baik secara historis, yuridis dan filosofis serta pengetahuan tentang anggaran baik ditingkat desa maupun kabupaten.

NB: untuk informasi pendaftaran SADAR bisa sms melalui Hotline Formasi (0822 2688 1000) atau kunjungi website Formasi www.formasi.org