Sepuluh desa yang menjadi percontohan program percepatan penanggulangan kemiskinan desa (TKP2KDes) dan system informasi desa (SID), dilatih membuat website desa di Markas Formasi, Kebumen.

Masing-masing desa itu diwakili oleh 2 orang dari unsur operator SID yang terdiri dari unsur masyarakat dan pemerintah desa, mereka antusias mengikuti pelatihan yang dipandu Mukhtar Syafi’I anam dan Mustika Aji.

Dewan Presidium Formasi Yusuf Murtiono mengatakan, dengan SID ini, desa diharapkan memeliki data base yang bagus, termasuk didalamnya terkait kemiskinan, kependudukan, ekonomi desa, maupun data lainnya. “website desa ini terkoneksi dengan website pemkab Kebumen, termasuk alamatnya juga difasilitasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kebumen”.

Adanya website desa tersebut, lanjut yusuf, akan memberikan transparansi kebijakan didesa, Termasuk dalam hal anggaran desa. Disamping itu juga dilengkapi dengan fasilitas ruang pengaduan masyarakat, informasi pengadaan barang dan jasa, termasuk perencanaan penganggaran, tujuan akhirnya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui transparansi dan informasi kebijakan. (F1:SM)