1Kebumen (13/8) – Sistem Informasi Desa (SID) yang telah diuji cobakan oleh Formasi bekerjasama dengan Combine Resource Institute Yogyakarta pada 10 desa di Kabupaten Kebumen mendapatkan apresiasi dari Pemkab. Sekretaris Daerah, H.Adi Pandoyo S.H, M.Si pada kegiatan Workshop Pemanfaatan Open Data SID di ruang rapat Bappeda (13/8), membentuk tim untuk penyusunan Peraturan Bupati tentang Sistem Informasi Desa. Tim yang terdiri dari beberapa SKPD meliputi Bapermades, Bagian Tapem, Bagian Hukum, Dishubkominfo dan Bappeda tersebut bahkan ditantang oleh Setda agar dapat menyelesaikan tugasnya pada 9 September mendatang bertepatan dengan kunjungan Gubernur Jawa Tengah di Kebumen.
SID online yang akan diterapkan di desa di Kabupaten Kebumen, menggunakan server dan domain kabupaten yang dikelola oleh Dishubkominfo. Sehingga desa tidak perlu repot-repot untuk menyewa server dan membeli domain.
Dari pengalaman 10 desa yang sudah menerapkan SID online dalam kurun waktu 16 bulan sudah dikunjungi oleh 89.207 pengunjung dengan total artikel sebanyak 842 artikel. Hal itu menunjukkan bahwa Sistem Informasi Desa berpotensi untuk menyampaikan informasi serta sebagai media promosi produk-produk desa untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.
Desa Logandu yang menjadi salah satu dari 10 desa sudah menerima manfaatnya, yakni Oyek sebagai salah satu produk yang ada di Desa Logandu kebanjiran pesanan karena dipublikasikan dalam SID online.