Dalam Penyusunan RKP Desa Di Kecamatan Karangsambung

Dalam rangka persiapan penyusunan RKP Desa tahun anggaran 2013 yang serentak dilaksanakan pada bulan November 2012 di Kabupaten Kebumen, Desa se Kecamatan Karangsambung dilatih untuk menyusun RKP Desa dengan baik dan benar.

Pelatihan yang dibiayai oleh PNPM itu dilaksanakan selama 2 hari (30 – 31 Oktober) dan diikuti oleh perwakilan masing-masing desa yang terdiri dari Sekretaris Desa, Kaur Pembangunan dan KPMD. Meskipun dibiayai oleh PNPM, panitia pelaksana menggandeng pihak Kecamatan, Formasi dan Desa untuk menjadi nara sumber dalam pelatihan tersebut.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka penguatan system perencanaan yang sudah berjalan di Kebumen, dimana Kebumen merupakan Kabupaten yang dinilai sudah “baiK” dalam hal perencanaan pembangunan. Hal itu dikuatkan dengan munculnya Desa Pandansari Kecamatan Sruweng yang menjadi juara nasional RPJM Desa Partisipatif versi PNPM pada tahun 2011. Hal itu berdampak pada banyaknya kunjungan dari luar daerah untuk mengetahui dan mempelajari system perencanaan dan penganggaran di Kebumen. Desa di kecamatan Karangsambung merupakan salah satu desa yang sering dikunjungi dari luar daerah.

Selain itu, pelatihan tersebut juga menjadi istimewa khususnya bagi 2 desa yang akan dijadikan piloting oleh tim dari Kabupaten yaitu Desa Karangsambung dan Desa Widoro. Peserta pelatihan dari kedua desa tersebut juga berada dalam meja barisan terdepan. Bagaimanapun juga kualitas desa se Kecamatan Karangsambung  dalam hal penyusunan RKP Desa khususnya dan dalam hal perencanaan pembangunan pada umumnya akan dilihat dan dinilai oleh tim kabupaten dari dua desa tersebut.